BILA ANDA MERASA RAGU BERTRANSAKSI MELALUI ONLINE, KAMI SARANKAN ANDA TRANSAKSI DI KANTOR KAMI

Selasa, 27 Mei 2014

Jenis-jenis Bahan Kertas

Share & Comment
jenis bahan kertas





Duplex
Jenis Bahan Duplex
Duplex 
Bahan duplex ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya, Jenis kertas Duplex ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain (bagian belakang) berwarna abu-abu.  Kertas Duplex umum dipakai sebagai alas buku jenis nota, dan khususnya untuk pembuatan box packaging karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya.
Biasa dicetak hanya 1 sisi, di bagian sisi yang berwarna puth. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 310gr, 350gr, 400gr.



Ivory
Jenis Bahan Ivory

Kertas Ivory adalah kertas yang aman untuk digunakan sebagai FOOD PACKAGING. Kertas Ivory ini memiliki 2 sisi berwarna putih dengan tekstur yang berbeda. satu sisi bertekstur halus dan sisi satunya lagi sedikit kesat seperti HVS.
Biasanya Kertas Ivory digunakan untuk Box atau Packaging karena cukup tebal dan kokoh. Dan yang menjadikan Kertas Ivory ini lebih banyak peminatnya adalah, kesan ” Eksklusif” nya. Packaging makanan di restoran sekarang pun banyak yang menggunakan Kertas Ivory sebagai bahan dasar Dus Makanan mereka, selain aman untuk makanan, kertas ini juga mempunyai kesain lebih eksklusif. Gramasi yang umum digunakan adalah   250gr, 300gr, 350gr.

Penggunaan kertas ivory sekarang banyak diminati, apalagi dalam proses pembuatan Ds Makanan atau Paper Bag. Selain ketebalannya, kertas ini juga ternyata salah satu jenis kertas yang Food Grade (Tidak berbahaya bagi makanan yang dikonsumsi). Jadi kertas ini sangat sesuai dipakai untuk restaurant-restaurant yang ingin menjual makanan untuk dibawa pulang oleh konsumen.

ArtPaper
Jenis Bahan Artpaper

Kertas standar untuk pencetakan dengan mesin offset dan print digital dengan permukaan bagian depan dan belakang semi kilap (shiny) dan halus. Kertas Artpaper ini sangat cocok untuk segala jenis cetakan Full Color /separasi warna. Untuk menambah kesan elegan pada cetakan dapat di tambahkan dengan Laminating Doff, Laminating Glossy dan Cetak UV (Ultra Vernish).

Biasanya Kertas Artpaper digunakan untuk mencetak brosur, majalah, catalog, Box atau Packaging karena dua bagian mengkilap. Dan yang menjadikan Kertas Artpaper ini lebih banyak peminatnya adalah, kesan ” Eksklusif” nya. Packaging makanan di restoran sekarang pun banyak yang menggunakan Kertas Artpaper sebagai bahan dasar Dus Makanan mereka, selain aman untuk makanan, kertas ini juga mempunyai kesain lebih eksklusif. Gramasi yang umum digunakan adalah 150gr, 210gr, 310gr, 400gr.






Corrugated 

Jenis Bahan Corrugated 

Corrugated atau Kotak Karton Gelombang (KKG)  Carton Box adalah Alat kemasan berbentuk kotak yang terbuat dari satu atau beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas medium sebagai lapisan gelombangnya.
Adanya lapisan bergelombang inilah yang membedakan kotak karton gelombang dengan kotak karton lainnya, seperti Solid Board Box dll. KKG merupakan kemasan transport atau kemasan distribusi yang 
paling umum digunakan saat ini. Kertas ini juga bisa di padu dengan kertas duplex dan bisa cetak full colour. bisa buat kemasan kue dll.

Jenis-jenis corrugated



untuk keperluan kardus ada 3 jenis :
1.single wall
   - a-fluted
   - b-fluted
   - c-fluted
   - e-fluted
   - f-fluted
2.double wall
3.triple wall



yaitu banyaknya gelombang pada bahan, semakin banyak gelombang maka akan semakin kokoh


Samson Kraft
Jenis Bahan Samson Kraft

Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat muda dan ada juga yang coklat tua. Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena kesannya klasik bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan paperbag, hangtag, karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (carton)







Karton (Yellow Board)
Jenis Bahan Karton

Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka dalam suatu undangan hard cover, Box survernir, Box cincin, bahan ini memberi kesan kokoh dan kuat. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau dupleks dan bahan lainya. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 25, 30, 40 .


Laminasi (Glossy & Doff)
Laminasi pelapis kertas


Laminasi Berfungsi sama seperti laminating biasa, cuma dalam bentuk lebih tipis, dan bisa digunakan untuk kemasan produk dus atau lainya.

Kelebihannya bila kemasan/dus di lapis laminasi adalah sebagai pelindung bahan kertas dari minyak atau air, sehingga minyak/air tidak mudah tembus pada bagian kertas.
dan laminasi juga berfungsi untuk mempercantik tampilan kemasan, sehingga lebih terlihat elegan & sangat terlihat ekslusif.

Dari segi kesan atau tampilan (appearance) setelah laminasi, pada umumnya ada dua macam kesan yang diinginkan yaitu kilap (gloss) dan redup (doff/matte).
Yang memberikan kesan tersebut adalah jenis plastik BOPP-nya, yaitu BOPP gloss dan BOPP doff. Kalau kita bandingkan Plastik Laminating BOPP gloss dan doff berbarengan akan tampak bedanya, yang gloss mengkilap atau memantulkan hampir semua cahaya yang mengenainya, sedangkan yang doff atau redup, sinar yang datang lebih banyak yang diserap dari pada yang dipantulkan cahaya.







Tags: , , , , , , , , , ,

.

RumahBox.com siap membantu keperluan kemasan produk Anda, Jangan Ragu Hubungi Kami untuk pertanyaan mengenai desain, ukuran, bahan kertas dan harga. Contact Kami

 

Popular Content

Recent Posts



RAGU BERTRANSAKSI ONLINE ?!
KAMI TUNGGU KEDATANGANYA
DI KANTOR KAMI (Alamat Kami)
Copyright © 2011 - Rumah Box | Designed by @hik8t